Teratur Bertanya Inflasi Setiap Lawatan Kerja

Teratur Bertanya Inflasi Setiap Lawatan Kerja

Jokowi Pesan Bupati Janganlah sampai Tidak Dapat Jawab

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mewanti-wanti beberapa bupati untuk ketahui angka inflasi di wilayah yang mereka memimpin. Karena, kepala negara akan bertanya hal itu saat lawatan kerja.

Jokowi menjelaskan dianya sering menanyakan berkenaan angka inflasi di wilayah setiap kali lakukan lawatan kerja ke beberapa pasar. Pertanyaan itu disodorkan secara langsung oleh kepala negara ke bupati.

“Saat ini jika saya ke wilayah, tentu masuk pasar. Bupatinya tentu saya bertanya. Inflasinya berapakah bulan tempo hari,” kata Jokowi dalam sambutannya di pembukaan Rapat kerja nasional XVI APKASI di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Jokowi ungkap masih tetap ada satu-dua bupati yang tidak dapat jawab pertanyaan itu. Menghindar dari tidak dapat jawab pertanyaan, Jokowi minta supaya beberapa bupati teratur memeriksa angka inflasi ke tim pengaturan inflasi wilayah (TPID) sampai ke Bank Indonesia (BI).

“Nih jika saya yang bertanya, tidak dapat jawab. Minta maaf ada masih tetap ada satu-dua. Tolong jika saya saat sebelum masukĀ visit here kabupaten, menanyakan dahulu ke BI inflasinya berapakah, ke TPID inflasinya berapakah karena tentu saya bertanya,” kata Jokowi.

“Harga-harga pasti juga saya tanya. Beras, bawang merah, bawang putih, cabe, yang kerap naik kan beberapa barang tersebut. Yang lain relatif konstan,” kata Jokowi.

Lewat peluang yang masih sama, Kepala Negara sampaikan jika Indonesia pantas mengucapkan syukur karena sanggup bertahan dari kendala dan rintangan global. Ingat, perekonomian Indonesia masih tumbuh di atas 5 %.

“Ekonomi kita masih tumbuh 5,11 % di kwartal I-2024. Sangat susah saat ini beberapa negara bertahan dengan growth di atas 5 %. Coba kelak bapak, ibu check beberapa negara lain angkanya seperti apakah,” kata Jokowi.

Selainnya angka kemajuan ekonomi, hal yang menurut Jokowi pantas disyukuri yang lain adalah angka inflasi yang dalam kendalian.

“Dan inflasi yang dapat kita kontrol. Paling akhir di Juni, ada di 2,5 % inflasi kita. Ini karena bapak, ibu sekaligus yang selalu pertemuan dengan mendagri setiap hari Senin teratur setiap Minggu, tetapi hasilnya ada,” tutur Jokowi.

“Lihat Argentina inflasinya saat ini berapakah? Bapak, ibu check saja. Turki inflasinya berapakah? Coba bapak, ibu check. Menakutkan sekali angkanya,” kata Jokowi.

PLN Rampungkan Supply Listrik Tahapan II untuk Industri PT SMART Tbk 18,58 MVA di Kotabaru, Kalsel

Lewat program pemerolehan captive power, PT SMART Tbk berpindah dari pembangkit punya sendiri ke listrik PLN, lebih handal dan ramah pada lingkungan. PT SMART Tbk juga sekarang jadi pelanggan tegangan menengah paling besar di Kalimantan Selatan dan Kalimantan tengah.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Select your currency
WinEnterprises Shop
Logo
Enable registration in settings - general
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Shopping cart